7 Tips Menerapkan Desain Interior Minimalis Modern di Rumah

Posted July 5, 2021

97776-ilustrasi-desain-interior-minimalis-modern

Salah satu hal yang paling penting dilakukan setelah membeli rumah adalah memilih desain interior yang akan diterapkan. Ada banyak pilihan desain yang cocok untuk diterapkan di rumah yang masih kosong. Salah satunya desain interior minimalis modern.

Tidak ada pakem khusus dalam memilih desain interior. Yang paling penting, pilihlah desain interior rumah yang paling sesuai dan membuat Anda nyaman. Nah, sebagai inspirasi, simak pilihan desain interior rumah impian yang dikutip dari artikel Rumah.com, portal properti terdepan di Indonesia berikut ini.

Desain Interior Minimalis

Karakter konsep modern yang menghindari penggunaan detail yang tak perlu memang sejalan dengan konsep minimalis yang kini tengah jadi tren. Efisiensi adalah kata kuncinya. Rumah impian dengan dekorasi modern bisa Anda wujudkan dengan memilih perabot yang benar-benar dimaksimalkan fungsinya dan membuang dekorasi tak perlu yang akan membuat rumah terasa penuh.

Simak saja desain ruangan di atas. Ruang yang lapang tak lantas membuat Anda wajib mengisinya dengan berbagai barang. Tempatkan saja perabot yang diperlukan dan hiasi dengan dekorasi sederhana tapi mencolok.

Kembali ke alam

Salah satu karakteristik utama konsep dekorasi modern adalah penggunaan material alami. Anda bisa menerapkan hal ini, terutama pada kamar mandi. Anda bisa menggunakan perabot kayu, lantai bercorak bebatuan, hingga penempatan tanaman hias di dalam ruangan.

Kalau tidak ingin menggunakan kayu karena faktor perawatannya yang tak mudah, Anda bisa menggunakan material bebatuan. Material ini bisa digunakan pada dinding secara keseluruhan atau hanya sebagai aksen.

Dinding rumah mulai retak-retak? Simak 7 Jurus Jitu Bikin Dinding Rumah Tetap Indah! 

Dominasi Warna Netral

Warna netral atau natural untuk desain interior minimalis modern. (Foto: Small Design Ideas)
Kalaupun tidak menggunakan material alami, Anda bisa menggunakan palet warna alami pada perabot atau cat dinding. Konsep modern umumnya menggunakan warna yang terinspirasi dari alam, seperti kecokelatan, atau warna netral yang monokrom. Warna netral yang kerap digunakan adalah warna putih, abu-abu, hijau muda, hingga putih gading. Namun, warna netral yang pekat seperti hitam juga bisa digunakan.

Bebas Sekat Permanen

Desain interior minimalis modern tanpa partisi. (Foto: Freshome)
Masih sejalan dengan konsep minimalis, dekorasi modern pada rumah impian Anda akan lebih terasa jika Anda membuang sekat permanen alias dinding untuk beberapa ruangan. Selain memberi kesan lapang, gaya lantai terbuka ini juga akan memperlihatkan keselarasan dekorasi pada konsep hunian Anda.

Kalau Anda punya hunian yang tak terlalu besar, konsep dekorasi modern tanpa partisi ini juga akan sangat membantu. Dapur, ruang makan, dan ruang keluarga menyatu dengan sempurna. Ingin tetap menggunakan partisi? Anda bisa menggunakan lemari buku atau lemari pajangan yang tidak memiliki sifat permanen.

Cahaya Natural dari Jendela Besar

Pencahayaan juga faktor utama dalam konsep modern. Untuk mengaplikasikan hal ini pada rumah impian Anda, jendela besar bisa menjadi pilihannya. Kalau Anda tidak menyukai jendela berukuran superbesar, Anda bisa memanfaatkan permainan lampu untuk mempercantik hunian.

Ingin tahu lebih detail soal lokasi rumah incaran Anda? Temukan informasi mendalamnya di AreaInsider Rumah.com.

Pilih Dekorasi yang Reflektif

Salah satu unsur konsep desain modern lainnya adalah perabot yang memiliki sifat reflektif atau memantulkan cahaya. Unsur ini bisa Anda penuhi dengan memilih perabotan atau dekorasi dari bahan logam atau cermin.

Tak hanya pada rumah, konsep dekorasi modern ini juga bisa digunakan pada apartemen Anda. Apartemen dengan satu kamar tidur pun bisa disulap menjadi lebih menarik dengan dinding hasil perpaduan logam dan kaca. Perabot dan dekorasinya pun diselaraskan dengan material dan warna yang serupa.

Polos Bertekstur

Kalau Anda merupakan tipe minimalis dan tak ingin pusing memikirkan dekorasi hingga warna cat dinding, terapkan salah satu konsep dekorasi modern yang satu ini: permainan tekstur. Yang dimaksud tekstur di sini adalah pilihan material furnitur yang memiliki serat.

Perhatikan desain di atas. Meski warna dinding dan perabotnya menggunakan warna monokrom putih, dekorasi kaya tekstur menjadikan ruangan ini memiliki nuansa berbeda. Ada tekstur logam dari lampu, tekstur logam pada meja, tekstur kayu pada kursi, hingga tekstur karpet sebagai alas lantai.

sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/06/11/081429/7-tips-menerapkan-desain-interior-minimalis-modern-di-rumah?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *